Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Vatikan Negara Eropa Pertama yang Mengakui Kemerdekaan Indonesai

Penulis: Frederikus Suni

Sumber gambar: Digital Imaging Tafenpah.com
Tafenpah.com - Negara Vatikan terletak di dalam wilayah kota Roma Bagian Barat. Vatikan dipimpin oleh Paus Fransiskus. Vatikan juga merupakan negara Eropa pertama yang mengakui kedaulatan NKRI, tepatnya pada tanggal 6 Juli 1947 dengan dibentuknya Apostolic Delegate atau Kedutan Besar Tahta Suci Vatikan di Jakarta.

Berkaitan dengan hubungan mesra antara Vatikan Roma dan Indonesia, presiden Joko Widodo bersama dengan Konferensii Wali Gereja Indonesia (KWI) telah menetapkan kedatangan Sri Paus Fransiskus di tanah air, tepatnya pada tanggal 3-6 September mendatang.




Bertepatan dengan kehadiran Paus Fransiskus di tanah air, tepatnya di kota Jakarta, pemerintah melalui Kemenpora menugaskan Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia, Erick Thohir untuk membenahi Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), untuk memastikan keberhasilan dan kenyamanan Paus Fransiskus bersama Umat Katolik se-Indonesia.

Paus Fransiskus bukan hanya semata pemimpin tertinggi umat Katolik se-dunia, melain Sri Paus juga merupakan sosok pemimpin dunia yang sangat dihormati dan disegani.

"Bertepatan dengan kehadiran Sri Paus Fransiskus di tanah air, maka Timnas Indonesia sementara akan dipindahkan kandangnya ke Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya dalam melakoni berbagai event pertandingan, entah pertandingan Fifa Matchday hingga Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026, Zona Asia. Untuk itu, jangan sampai pemindahan kandang Timnas Indonesia menimbulkan gesekan atau pro dan kontra di antara netizen,' tegas Erick sebagaimana yang admin kutip dari tiktok @tafenpah.com, Kamis 13/6/2024.

Sebagai warga Indonesia yang cinta damai dan menjunjung tinggi Pancasila sebagai sumber dari segala sumber hukum yang ada di Indonesia, kita diharapkan untuk saling menghargai dan menghormati, terutama dalam menyukseskan event kunjungan Sri Paus Fransiskus ke tanah air.

Karena keberhasilan dan kenyamanan Sri Paus selama di Indonesia juga akan menjadi nilai lebih bagi bangsa Indonesia di mata mancanegara.

Meskipun negara Indonesia mayoritas penduduknya menganut agama Muslim, akan tetapi penghargaan dan toleransi antar sesama umat beragama menjadi karakter bangsa yang tak bisa digadaikan dengan apa pun.

Karena bagaimana pun juga, Vatikan yang merupakan basis atau pusat administrasi umat Katolik se-dunia, sejak tanggal 6 Juli 1947 sudah hidup dan menyejarah bersama warga Indonesia.

Dari kota Vatikan lah, negara-negara Eropa dan dunia lainnya mengakui kemerdekaan Indonesia. Untuk itu, sekali lagi sebagai bangsa yang mencintai Pancasila, kita harus saling menjaga kedamaian dan toleransi, bukan hanya selama kunjungan Sri Paus di bulan September, tetapi upaya reaktulisasi Pancasila perlu dihidupi oleh generasi Indonesia sampai kapan pun.

Untuk informasi Videonya, sobat pembaca dapat menonton di 
Tiktok: @Tafenpah.com
Youtube: Tafenpah Group




Frederikus Suni Admin Tafenpah Group
Frederikus Suni Admin Tafenpah Group Frederikus Suni (Fredy Suni) Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Siber Asia (Asia Cyber University) | Frederikus Suni pernah DO dari Sekolah Tinggi Filsafat dan Teologi Widya Sasana Malang dan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Dian Nusantara (Undira) Jakarta || Terkait kerja sama dan informasi iklan bisa melalui email tafenpahtimor@gmail.com || || Instagram: @suni_fredy || @tafenpahcom || @pahtimorcom || Youtube: @Tafenpah Group

Posting Komentar untuk "Vatikan Negara Eropa Pertama yang Mengakui Kemerdekaan Indonesai"