Riset Tafenpah, 10 Tempat Wisata Paling Populer Versi Google di Kabupaten Timor Tengah Utara

Penulis: Frederikus Suni 

Pemandangan eksotik bak Raja Ampatnya Timor Tengah Utara, Bukit Tuamese. Sumber gambar: DetikTravel

Tafenpah.com - Berdasarkan hasil riset Tafenpah seputar minat dan pencarian orang atau wisatawan di google, sebelum mereka memutuskan untuk menjelajahi keindahan alam kabupaten Timor Tengah Utara, setidaknya ada 10 tempat wisata yang memiliki kueri tertinggi.

Ke-10 tempat wisata eksotik dan Instagramable tersebut, ikut menampilkan citra atau identitas kabupaten Timor Tengah Utara sebagai surganya para traveler domestik hingga mancanegara.

Pasalnya, kabupaten Timor Tengah Utara, provinsi Nusa Tenggara Timur memiliki segudang keindahan alam, mulai dari padang sabana, hamparan laut biru merona, perbukitan yang menawarkan sejuta pemandangan eksotik, wisata kolam renang, wisata hutan, benteng peninggalan zaman kerajaan maupun koloni, cagar alam hingga rumah adat Atoni Pah Meto/Etnis Dawan yang sangat original.

Permasalahannya adalah dari sekian banyaknya wisata kekinian dan instagramable milik suku Dawan Timor ini, belum sepenuhnya mendapatkan perhatian lebih besar dari wisatawan domestik hingga mancanegara.

Karena keterbatasan sumber daya manusia di bidang pariwisata yang selalu up to date seputar eksotisme alam Timor Barat Indonesia.

Selain itu, adanya keterbatasan dalam pemasaran konten-konten pariwisata.

Beruntung, dengan kehadiran kreator konten, Youtuber, Blogger, Vlogger, Selebgram, TikTokers, Musisi dan masyarakat pencinta alam yang tak henti-hentinya mengemas sekaligus mendistribusikan berbagai karya digital hingga audiovisualnya di saluran komunikasi media sosial.

Dengan demikian, peran merekalah yang ikut menggenjot tingginya trafik dari ke-10 tempat wisata yang belakangan ini menjadi studi atau riset utama TAFENPAH.

Persoalan lain adalah sinergitas antara pemerintah daerah, dalam hal ini, Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bersama dengan konten kreator, baik itu para Blogger, Youtuber, Selebgram, TikTokers dan pekerja media pada umumnya, masih terbatas pada ruang formalitas.

Lebih tepatnya, public relation/pr/humas dari Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif masih mengandalkan siaran pers yang notabene ditujukan pada media arus utama, ketimbangkan melibatkan peran dari kreator konten, sebagaimana yang telah penulis sebutkan di atas.

Jauh dari analisa tersebut, sebagai Atoni Pah Meto, terutama generasi milenial dan z yang merupakan empunya pemilik kota Sari tercinta di masa depan, kita pun harus mendobrak dominasi tersebut dengan jalan kreativitas kita.

Nah, berkaitan dengan judul tulisan di atas, izinkan penulis untuk mengulas 10 tempat wisata paling populer berdasarkan kueri atau pencarian orang-orang di google, khususnya wisata yang ada di kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), provinsi Nusa Tenggara Timur.


10. Gunung Mutis

Ternyata gunung tertinggi di wilayah Timor Barat dengan ketinggian mencapai 2.458 mdpl ini kalah populer dari tempat wisata lainnya yang berada di Lembah Bikomi (Biinmaffo), lho.

Padahal, pesona alam gunung Mutis sangat indah. Bahkan gunung ini juga termasuk Cagar Alam yang mendapat prioritas utama dari pemda hingga pemerintah pusat.

Namun, apa boleh buat. Lantaran, selera wisatawan memang berbeda dari apa yang kita inginkan.

Secara letak geografis, gunung Mutis berada di perbatasan kabupaten Timor Tengah Utara dan kabupaten Timor Tengah Selatan.

Gunung Mutis juga tersohor atau terkenal di mata wisatawan dengan marmernya.

Selain hawanya sejuk dan dingin, gunung Mutis cocok untuk daerah pertanian, terlebih budidaya berbagai hasil tanaman.

Airnya yang segar dan bersih dapat dinikmatin oleh warga yang berada di sekitarnya, terutama Eban dan sebagian kecamatan di kabupaten Timor Tengah Utara.

Sayang banget ya, debit air bersih yang melimpah tidak dinikmatin oleh seluruh warga kabupaten Timor Tengah Utara.

"Nasib, nasib, nasib" demikian kata penyesalan dari warga yang tidak kebagian air PAM Gunung Mutis di kabupaten Timor Tengah Utara.


Berdasarkan kueri atau hasil pencarian orang di google, Tanjung Bastian ternyata masih kalah populer dengan ke-8 wisata lainnya di Kabupaten Timor Tengah Utara.

Padahal, wisatawan domestik atau warga di kota Kefamenanu dan sekitarnya sering menjadikan wisata Tanjung Bastian sebagai destinasi pantai yang mengasyikkan, lho.

Apalagi di waktu liburan, anak sekolah hingga keluarga memilih untuk menikmati momen kehangatan di semenanjung Tanjug Bastian.

Penulis yang berasal dari kampung Haumeni, kecamatan Bikomi Utara juga dulunya paling senang berkunjung ke Tanjung Bastian.

Karena sepulang dari sana, ada banyak cerita yang menarik dan tak terlupakan.

Sama halnya dengan pembaca yang pernah berkunjung di Tanjung Bastian.

Wah-wah tampaknya informasi dari Google kurang valid dan tepat, deh.

Secara logika, terutama kaum akademis pasti meminta penulis untuk menyertakan bukti wkwk.

Maaf, penulis tidak pandai dalam menggunakan metode penelitian kuantitatif. Kalau metode penelitian kualitatif, barangkali tepat dengan konteks ini.

Akan tetapi, penulis lebih nyaman menggunakan metode jalanan. Semakna dengan pegiat filsafat jalanan.

Tampaknya tuduhan ini pun pasti dilayangkan oleh Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kabupaten Timor Tengah Utara.

Mengingat mereka punya data yang valid mengenai persentase kunjungan wisatawan dalam setiap mingguan, sebulan, dan setahun.

8. Benteng Oesoko

Destinasi wisata paling populer di kabupaten Timor Tengah Utara yang ke-8 ditempati oleh Benteng Oesoko.

Benteng Oesoko ini berada di kecamatan Insana Utara, kabupaten Timor Tengah Utara, provinsi Nusa Tenggara Timur.

Keunikan dari Benteng Oesoko ada pada hamparan benteng pegunungan yang berhadapan langsung dengan vibes pantainya yang eksotik dan sudah pasti instagramable.

Bulu kuduk pengunjung akan teruji selama berada di benteng peninggalan leluhur Atoni Pah Meto, terutama suku-suku yang berada di Oesoko.

7. Pantai Wini

Keindahan Pantai Wini di selat Timor dan berbatasan dengan selat Australia ini, masih kalah populer dengan wisata lainnya di pulau Timor manise, terutama yang berada di kabupaten Timor Tengah Utara.

Pantai Wini persisnya di kecamatan Insana Utara, kabupaten Timor Tengah Utara, NTT.

Untuk lebih detailnya, pembaca bisa mengakses tulisan dari penulis di portal Tafenpah.com atau lebih praktisnya klik link di bawah ini:

Wisata Hutan Oeluan

Setelah kita bepergian di Insana Utara yang terkenal dengan ragam spot wisata pantai dan alamnnya yang menggoda, saat ini kita bertamasya ke Wisata Hutan Oeluan.

Wisata Hutan Oeluan berada di Desa Bijeli, Kecamatan Noemuti, Kabupaten Timor Tengah Utara, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Menariknya Hutan Wisata Oeluan dijadikan sebagai Hutan Nasional, lho.

Sebagai jantung penghasil oksigen di Noemuti dan sekitarnya, wisata hutan Oeluan juga menjadi pilihan destinasi alam yang sangat menjanjikan di kabupaten Timor Tengah Utara.

Letaknya yang sangat strategis dan tak jauh dari pusat kota Kefamenanu, wisata Hutan Oeluan selalu ramai dikunjungi wisatawan domestik maupun mancanegara.

5. Pantai Oebubun

Pantai Oebubun berada di Oepuah, Kecamatan Biboki Moenleu, Kabupaten Timor Tengah Utara, provinsi Nusa Tenggara Timur.

Keunikan dari Pantai Oebubun adalah kawasan wisata ini difokuskan pada pengolahan ikan dengan kualitas terbaik di kabupaten Timor Tengah Utara.


4. Bukit Cinta Oelbinose

Kawasan ini lebih diprioritaskan pada bidang pengembang perumahan. Karena letaknta yang sangat eksotik di bawah Gunung Mutis.

Bukit Cinta Oelbinose berada di Tasinifu, Kecamatan Mutis, Kabupaten Timor Tengah Utara, Provinsi Nusa Tenggara Timor.

Sejauh kita menatap, segalanya tampak perawan, termasuk pohon-pohonya yang masih perjaka pula.

Terdengar seksi, kan? Ya, begitulah hiperbola atau melebih-lebihkan sesuatu guna menggambarkan keindahan Bukit Cinta Oelbinose.

3. Kolam Renang Oeluan

Bagi pecinta spot alam buatan yang dikelilingi oleh pohon mahoni di pulau Timor manise, wisata Renang Oeluan menjadi pilihan menarik dan tepat bagi kamu beserta keluarga tercinta.

Kawasan wisata ini juga menyediakan rumah pohon, kolam mancing, dan kolam renang yang sangat instagramable.

Berada seharian di sini, rasanya tak pernah bosan, lho.

Pengunjung bisa menikmati fasilitas di sini mulai dari pukul 08.00 - 15.00 WITA, kecuali Sabtu dan Minggu itu adalah hari libur.

2. Kampung Adat Tamkesi

Wisatawan yang ingin menikmati wahana rumah adat Atoni Pah Meto yang terbuat dari alang-alang dan kayu asli pulau Timor, wisata Kampung Adat Tamkesi sangat rekomended..

Kampung Adat Tamkesi berada di Desa Tautpah, Kecamatan Biboki Selatan, Kabupaten Timor Tengah Utara, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Nah, biasanya bule-bule atau turis dari Eropa dan benua lainnya yang selalu tertarik dengan kearifan lokal budaya nusantara, khususnya suku Dawan Timor, mengunjungi Kampung Adat Tamkesi akan memberikan pengalaman perjalanan yang sangat menyenangkan.

Nuansa historitas Atoni Pah Meto kental banget di sini. Terutama klan Usboko.

Untuk mencapai Kampung Adat Tamkesi, setidaknya wisatawan membutuhkan 1 jam perjalanan dari kota Kefamenanu.

"Jalan lumayan bagus menuju Tamkesi. Alam yang asli, udara bersih, langit biru awan putih membuat tambah kagum pada Sang Pencipta. Pakai sepatu kets dan celana panjang. Jalan ke atas Desa Tradisional berbatu dan sedikit menanjak. Menikmati rumah rumah zaman dulu, bertemu dengan keramahan penduduk lokal, membuat rasa nikmat tersendiri Pastikan cuaca cerah dan ke sana di bulan bulan yang berdaun hijau ( Januari - Juli ). Cocok buat pecinta alam Indonesia," demikian ulasan dari Google Guide atau Kontributor lokal Alva B.
 
Sementara, local guide atau kontributor google maps dari Lusty Sae tak kalah apik dari kreator maps lainnya, yakni: "Saya baru sekali datang ke Kampung ini. Jarak dari kota kefamenanu ke kampung Tamkesi kira-kira satu jam perjalanan. Kita akan menelusuri bukit-bukit indah sebelum tiba di sana.
Rumah-rumah tradisional diatas bukit batu ini terlihat indah, dan juga lingkungan area di sekitar perkampungan. Kami berada beberapa jam disana dan mendengarkan cerita tentang budaya dan adat istiadat dari salah satu penduduk disana," (Sumber TripAdvisor).

1. Bukit Tuamese

Bukit Tuamese menduduki peringkat pertama wisata paling populer versi Google di Kabupaten Timor Tengah Utara.

Letak Bukit Tuamese persis di Desa Tuamese, Kecamatan Biboki Anleu, Kabupaten Timor Tengah Utara, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Dayak pikat Bukit Tuamese identik dengan Raja Ampatnya NTT. 

Bukit Tuamese juga persis dengan wisata Pantai Teluk Asmara di Malang Selatan, Jawa Timur.

Pasalnya gugusan pulau-pulau kecil di sepanjang Bukit Tuamese membuat tempat ini sangat terkenal.

Saking terkenalnya, Bukit Tuamese juga masuk dalam list film layar lebar, lho.

Salah satu film layar lebar Indonesia yang berlatarkan Bukit Tuamese adalah Film Cinta Bete.

Bahkan, Bukit Tuamese juga kerap dijadikan sebagai background dalam pengambilan foto prewedding.

Pokoknya, estetik dan instagramable banget Bukit Tuamese. Jadi, tak heran lagi, bila Bukit Tuamese menjadi wisata paling populer berdasarkan kueri atau pencarian orang di mesin algoritma Google.

Sebagai warga Atoni Pah Meto, kita pun bagga dengan keindahan alam kita. Meskipun kita tinggal di tanah kering dan tandus, tapi Tuhan sudah menyiapkan jutaan wisata eksotiknya.

Semoga dengan sinergitas pemerintah daerah, provinsi, dan kreator konten digital, ke depannya banyak tempat wisata yang diekspos ke berbagai platform digital, guna memajukan industri pariwisata Kabupaten Timor Tengah Utara.

Demikian ulasan dari admin Tafenpah seputar 10 wisata paling populer di kabupaten Timor Tengah Utara berdasarkan penelusuran orang-orang di Google.
Frederikus Suni Admin Tafenpah Group
Frederikus Suni Admin Tafenpah Group Salam kenal! Saya Frederikus Suni Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Siber Asia. Menekuni bidang Jurnalistik sejak 10 tahun lalu. || Saya pernah menjadi Jurnalis/Wartawan di Metasatu dan NTTPedia. Selain itu, saya juga berkolaborasi dengan salah satu Dosen dari Binus university dan Atma Jaya, terutama Proyek dari Kementerian Komunikasi dan Informatika RI, dalam pendistribusian berita ke Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur. Saya juga pernah menjadi bagian dari Public Relation/PR sekaligus Copywriter dari Universitas Dian Nusantara (Undira) Tanjung Duren Jakarta Barat. Saat ini fokus mengembangkan TAFENPAH.COM dan juga menjadi kontributor di beberapa website tanah air, Kompasiana, Terbitkanbukugratis, Eskaber, PepNews, Lombokainsider. Tulisan saya juga beberapa kali dipublikasikan ulang di Kompas.com Saya juga menerima jasa pembuatan Website || Media sosial: YouTube: TAFENPAH GROUP || TikTok: TAFENPAH.COM || Instagram: @suni_fredy || Terkait Kerjasama dapat menghubungi saya melalui kontak ������ || WhatsApp: 082140319973 || Email: tafenpahtimor@gmail.com

Posting Komentar untuk "Riset Tafenpah, 10 Tempat Wisata Paling Populer Versi Google di Kabupaten Timor Tengah Utara"